Nutrilon merupakan salah satu merk
produk susu bayi yang dihasilkan oleh perusahaan produsen susu terkenal,
Nutricia. Nutrilon memiliki beberapa jenis produk yaitu, Nutrilon, Nutrilon
Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Nutrilon Royal tergolong produk paling
mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon
Gold maupun Nutrilon. Jadi, positioning brand Nutrilon Royal adalah susu dengan
kandungan nutrisi tinggi yang harganya mahal.
Dalam iklan Nutrilon Royal 3, atribut
produk yang digunakan ialah segala aspek pendukung yang ingin disampaikan si
pengiklan yaitu melalui kata-kata dan puisi pada iklan tersebut. Pada akhir
iklan ada kalimat “Life Starts Here” yang berarti kehidupan seorang anak
diawali oleh nutrisi apa yang ia dapatkan dan dalam konteks ini ialah susu
Nutrilon Royal.
Tujuan yang hendak dicapai oleh
pemasang iklan ialah tercapainya tujuan dari iklan itu sendiri yakni
meningkatnya penjualan dari susu Nutrilon Royal tersebut. Dan pesan dari iklan
itu sendiri tersampaikan kepada khalayak tertentu yang menjadi target audience
dari produk Nutrilon Royal.
Berdasarkan positioning dan melihat
tampilan iklan yang dibuat oleh susu Nutrilon Royal, menurut analisa saya,
target audience yang sesuai dengan produk tersebut ialah ibu-ibu (ibu rumah
tangga dan wanita karir yang memiliki anak) menengah keatas yang berlatar
pendidikan cukup baik. Mengingat bahwa iklan yang dibuat sangat tersirat
sehingga tidak semua kalangan dapat mengerti. Terlebih lagi 1 kaleng kecil susu
Nutrilon Royal harganya Rp 167.000,- yang dirasa cukup mahal dibandingkan
dengan susu anak lainnya.
Target pasar dalam penjualan Nutrilon
Royal adalah para ibu yang memiliki usia berkisar antara 28-35 tahun, dengan
asumsi pada usia ini merupakan usia produktif bagi seorang ibu untuk mempunyai
anak dan anak yang dimiliki diperkirakan mempunyai usia berkisar antara 0-7
tahun. Target lainnya adalah keluarga muda yang memiliki tingkat
kehidupan mapan serta mempunyai latar belakang pendidikan yang baik.
Nutrilon Royal diharapkan dapat
memperkenalkan brand-nya kepada khalayak ramai dengan promosi maupun iklan
yang dilakukan di media massa. Hal ini diharapkan dapat membantu
masyarakat untuk lebih mengenal Susu Nutrilon Royal. Seperti diketahui bahwa
tingginya kebutuhan masyarakat akan susu kaya nutrisi serta tingkat loyalitas
konsumen pengguna susu pertumbuhan yang cukup tinggi merupakan suatu peluang
yang harus diperhatikan dengan serius oleh Nutricia dalam
memperkenalkan Nutrilon Royal. Selain itu media yang dapat digunakan
juga bisa melalui Public Relation. Kegiatan yang dilakukan adalah “kindergartenmanagement”, yaitu program kunjungan ke TK, dimana dilakukan
perlombaan bagi para murid TK dan para ibu diberikan penjelasan tentang
nutrisi atau kesehatan anak. Kemudian dengan mengadakan “baby contest”
di beberapa key account seperti Giant atau Hypermart, juga mengadakan permainan
di toko tempat penjualan.
You have just read an article Category Health
Tytle Analisis iklan susu New Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here. You can bookmark this page with a URL http://seogtss.blogspot.com/2013/01/analisis-iklan-susu-new-nutrilon-royal.html. Thank You.!
Ditulis oleh:
Unknown - January 9, 2013
Belum ada komentar untuk "Analisis iklan susu New Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here"
Post a Comment